DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Abdul Ra’uf Ash Shiddiqy (STUDENT ID : 8186176003)
Ridwan Abdullah Sani (LECTURER ID : 0010016409)
Nurdin Bukit (LECTURER ID : 0018046408)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-02-03 02:28:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajara berbasis Sparkol dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Pekaitan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Pengembangan ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMAN 1 Pekaitan Semester Ganjil acade 2021/2022. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 9 orang kelas XI MIA dan 30 orang kelas X MIA yang ditentukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket penilaian media dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Dimana instrumen soal tes kemampuan berpikir kritis telah teruji valid dan reliabel dengan menggunaan SPSS 26. Berdasarkan analisis data hasil angket media, didapatkan video pembelajaran berbasis Sparkol dinyatakan layak untuk diterapkan dikelas, dengan nilai 75% mutu teknis dan 77,5% aspek media oleh ahli media, sedangkan oleh ahli materi mendapat nilai 73,3% aspek media dan 92,5% kesesuaian materi, berdasarkan nilai tersebut video pembelajaran yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik oleh ahli media dan ahli materi. Penggunaan video pembelejaran berbasis Sparkol berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan peningkatan nilai n-gain sebesar 0,4 yang tergolongong sedang dalam kategori faktor gain. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan