Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Siska Nababan (STUDENT ID : 4173131040)
Pasar Maulim Silitonga (LECTURER ID : 0007095905)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2022-02-11 04:43:10
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan matematika, kemampuan analisis dengan hasil belajar kimia serta hubungan kemampuan matematika dan kemampuan analisis dengan hasil belajar kimia. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang diambil dengan teknik random sampling. Intrumen yang digunakan adalalah instrument tes yang terdiri dari 3 jenis yaitu tes kemampuan matematika, tes kemampuan analisis dan tes hasil belajar kimia. Analisis data yang dilakukan regresi sederhana dan regresi ganda, serta uji korelasi dan koefisien determinasi pada taraf signifikasi (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan analisis dengan hasil belajar kimia siswa. Selanjutnya diperoleh juga bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan matematika dan kemampuan analisis dengan hasil belajar kimia siswa kontribusi kemampuan matematika dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa diperoleh 75,16 %, berarti 24,84% lagi adalah kontribusi factor lain.