DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yenni Padila Siregar (STUDENT ID : 8206171001)
Elmanani Simamora (LECTURER ID : 0016117206)
Waminton Rajagukguk (LECTURER ID : 0005106113)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-08-19 03:01:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual menggunakan hypercontent, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, Tes Pemecahan masalah dan Angket Disposisi. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-1 dan uji coba II di kelas VII-2 MTs N 3 Tapanuli Selatan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan hypercontent meliputi RPP, BS, LKPD, TKPM, Angket Disposisi Matematis yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan hypercontent yang dikembangkan diperoleh bahwa: perangkat dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrument perangkat baik; (3) Keefektifan Perangkat pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan hypercontent yang dikembangkan menunjukkan ketuntasan klasikal pretest siswa pada uji coba I sebesar 46,87% dan posttest 81,25%. Sedangkan pretest siswa pada uji coba II sebesar 43,75% dan posttest 90,63%, lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan; (4) Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang dikembangkan meningkat ditinjau dari rata-rata pretest, posttest dan N-Gain 
Institution Info

Universitas Negeri Medan