Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
HOTMARIA JULIANA MANIK (STUDENT ID : 7173143018)
Randeska Manullang (LECTURER ID : 0014117903)
Subject
HQ755.7 Parents. Parenthood
Datestamp
2022-09-02 01:03:56
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Internet Addiction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Internet Addiction terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Jurusan IPS di SMA Swasta YPK Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta YPK Medan pada siswa kelas X, yang beralamat di Jalan Sakti Lubis Gg. Pegawai No. 8 Medan.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/ 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS kelas X, yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 48 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yang digunakan adalah tekhnik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket.
Untuk analisis data hasil penelitian menggunakan perhitungan regresi linier berganda dengan hasil Y = 21,521 + 0,300X1 + 0,425X2 + e. Pada uji hipotesis secara parsial (Uji t) variabel Pola Asuh Orang Tua (X1) memperoleh nilai thitung>ttabel sebesar (2,924 > 1,679) dengan taraf signifikan (0,005 < 0,05) dan pada uji hipotesis secara parsial (Uji t) variabel Internet Addiction (X2) memperoleh nilai thitung>ttabel sebesar (4,241 > 1,679), dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Nilai Fhitung adalah 179,399 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Sedangkan nilai Ftabel sebesar 3.20. Dapat disimpulkan bahwa Fhitung>Ftabel (179,399 > 3,20) dan nilai signifikansi ? < 0,05 (0.000<0.05). Koefisien determinasi (R2) bernilai sebesar 0,889 atau dengan kata lain nilai koefisien determinasinya adalah 88,9%. Dari data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini perubahan Prestasi Belajar Siswa dipengaruhi oleh variabel Pola Asuh Orang Tua dan Internet Addiction sebesar 88,9% dan sisanya sebesar (100% - 88,9% = 11,1%) disumbangkan oleh faktor- faktor di luar penelitian.
Maka ditarik kesimpulan bahwa Pola Asuh Orang Tua dan Internet Addiction bersama- sama memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa.