DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENGURANGI REAKSI FRUSTASI NEGATIF SISWA DALAM BELAJAR KELAS XI IPS SMA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Surnia (STUDENT ID : 1103151064)
Kemali Syarif (LECTURER ID : 195908011986012002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-15 03:44:11 
Abstract :
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Mengurangi Reaksi Frustasi Negatif Dalam Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA HKBP SIDORAME Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mengurangi Reaksi Frustasi Negatif Siswa Dalam Belajar Kelas XI IPS SMA HKBP SIDORAME Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas XI IPS SMA HKBP SIDORAME Tahun Ajaran 2014/2015 yang diperoleh melalui hasil hasil pre-test. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket reaksi frustasi negatif dalam belajar siswa sebanyak 28 butir yang terlebih dahulu diujicobakan kepada 30 orang siswa dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable.Dari hasil analisis diperoleh data Pre-Test reaksi frustasi negatif dalam belajar siswa rata-rata = 70,4 termasuk kategori sedang, dan rata-rata Post-Test = 43,8 termasuk kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji tanda wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% = 0 maka nilai < (0 < 8) serta Zhitung (-2,083) < Ztabel(-1,96). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam mengurangi reaksi frustasi negatif dalam belajar siswa kelas XI IPS SMA HKBP Sidorame Medan T.A 2014/2015 atau hipotesis diterima. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan