DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN GAYA PENYERAPAN VISUAL, AUDITORY, KINESTIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN KAB. LABUHAN BATU TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Jhonson Amanda Simbolon (STUDENT ID : 608310111)
Ibrahim Sembiring (LECTURER ID : 197605012005011001)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-08-22 07:16:22 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar shooting bola basket dengan menggunakan gaya penyerapan visual, auditory, kinestetik pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan Kab. Labuhan Batu Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 siswa-siswi, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 20 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar shooting bola basket sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 5 orang siswa (15,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 27 orang siswa (84,3%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,28%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 16 orang siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 68.39%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 28 orang siswa (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 82,97%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 11,11 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 14,58%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan gaya penyerapan visual, auditory, kenestetik dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan Kab. Labuhan Batu Tahun Ajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan