DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH BOLA VOLI MELALUI EVALUASI MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT KAB. LANGKAT TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Aramiko Saradiwa (STUDENT ID : 608310024)
Suryadi Damanik (LECTURER ID : 196712241993031002)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-08-12 06:24:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Smash Bola Voli Melalui Evaluasi Menggunakan Audio Visual Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Stabat Kab. Langkat Tahun Ajaran 2012/2013.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2012/2013, penelitian dilaksanakan mulai 12 Januari 2013 sampai dengan 26 Januari 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Stabat, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 40 siswa. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar dasar smash bola voli. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama empat minggu atau empat kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum memanfaatkan media audio visual (pre-test) diperoleh 11 siswa (27,50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 29 siswa (72,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 66,25. Kemudian dilakukan evaluasi proses dengan memanfaatkan media audio visual. (2) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar (40%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 24 orang siswa (60%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 84,43. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (3) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 35 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar (87,50%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (12,50%) sudah memenuhi kriteria ketuntasan. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 97,13. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan evaluasi proses menggunakan audio visual dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar smash bola voli pada siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Stabat Tahun Ajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan