DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH DALAM PERMAIANAN BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 6 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2012-2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fuad Hasan Lubis (STUDENT ID : 61266120149)
Budi Valianto (LECTURER ID : 196605201991021001)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-09-27 04:09:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar Smash dalam permainan bola voli yang didapat siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan gaya mengajar Resiprokal.Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2012/2013, sampel dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 32 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Setelah menerapkan gaya mengajar di pembelajaran maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan gerakan smash dalam permainan bola voli.Berdasarkan hasi tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2012/2013. Dari 32 siswa terdapat 5 siswa (15,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 59,5. Hasil dari siklus I terdapat 21 siswa (65,6%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 73. Disiklus II terdapat 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan