DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR EKSPLORASI TAK TERBATAS DAN GAYA MENGAJAR INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA PUTRI KELAS X SMK BISNIS MANAGEMEN SWASTA AL–WASHLIYAH KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN AJARAN 201
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Gunawan (STUDENT ID : 608321067)
Bakti Sitepu (LECTURER ID : 195007231979031001)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-09-30 05:40:29 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Gaya Mengajar Eksplorasi Tak Terbatas Dan Gaya Mengajar Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Putri Kelas X Smk Bisnis Managemen Swasta Al ? Washliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Bisnis Managemen Swasta Al ? Washliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen dengan jumlah populasi yaitu 20 orang siswa putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling (seluruh populasi yang ada). Selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik Matching Pairing yaitu kelompok A (gaya mengajar eksplorasi tak terbatas) dan kelompok B (gaya mengajar inkuiri). Penelitian ini dilaksanakan selama 6 minggu, dengan frekuensi mengajar 1 kali perlakuan dalam seminggu sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dari hasil perhitungan nilai t-hitung =0,458; nilai ini dibandingkan dengan nilai t-tabel (dk=n-1=9; ?=0,05) diperoleh 1,83.sihingga diperoleh t-hitung < t-tabel, dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan terdapat pengaruh gaya mengajar eksplorasi tak terbatas terhadap hasil belajar passing bawah bola voli siswa putri kelas x smk bisnis managemen swasta al ? wasliyah kecamatan marbau kabupaten labuhan batu utara tahun ajaran 2012 / 2013 tidak diterima kebenarannya. Dari hasil perhitungan nilai t-hitung = 0,481; nilai ini dibandingkan dengan nilai t-tabel (dk=n-1=9; ?=0,05) diperoleh 1,83.sehingga diperoleh t-hitung < t-tabel, dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan terdapat pengaruh gaya mengajar eksplorasi tak terbatas terhadap hasil belajar passing bawah bola voli siswa putri kelas x smk bisnis managemen swasta al ? wasliyah kecamatan marbau kabupaten labuhan batu utara tahun ajaran 2012 / 2013 tidak diterima kebenarannya. Hasil hipotesis dari data post- test kelompok eksplorasi tak terbatas dan kelompok inkuiri diperoleh t¬ hitung sebesar -1,785 serta t tabel sebesar 2.10 dengan peluang 1- ½ ? = 0,975, t hitung < t tabel (-1,785 < 2.26 ) dengan demikian hipotesis yang menyatakan gaya mengajar eksplorasi tak terbatas lebih baik dibandingkan dengan gaya mengajar inkuiri terhadap proses belajar passing bawah bola voli siswa putri Kelas X SMK Bisnis Managemen Swasta Al ? Wasliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2012 / 2013 tidak dapat diterima kebenarannya. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan, kedua gaya mengajar ( gaya mengjar eksplorasi tak terbatas dan gaya mengajar inkuiri ) tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing bawah bola voli siswa putri Kelas X SMK Bisnis Managemen Swasta Al ? Wasliyah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2012 / 2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan