DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJARPUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA KELAS XIIPS MELALUI GAYA MENGAJAR DISCOVERY DI SMA NEGERI UNGGULAN SUKMA NIASTAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Elvin Warisman Telaumbanua (STUDENT ID : 609112018)
Mulyadi (LECTURER ID : 195108161980111001)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-08-23 03:23:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam melakukan pukulan forehand drive pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Unggulan Sukma Nias Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Unggulan Sukma Nias. Dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dan Objek Penelitian yaitu siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Unggulan Sukma Nias. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan 2 siklus. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian, pada saat pre tes sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 46,9, dengan ketuntasan klasikal 5 siswa atau23,52% dikatakan belum berhasil baik secara individu maupun secara keseluruhan. Setelah pemberian tindakan melalui penggunaan gaya mengajar discovery yang dilakukan pada penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 60,9 dengan ketuntasan belajar siswa dari 12 siswa sebesar 36,36%. Dari 33 orang siswa terdapat 12 siswa yang telah tuntas dan 21 yang tidak tuntas dan nilai rata ratasiswa sebesar 6,90. Berarti persentase ketuntasan secara klasikal tersebut masih kurang dimana kriteria ketuntasan minimal sekolah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani adalah 70 dan persentase ketuntasan klasiskal (PKK) adalah 75 %. Hasil tes pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas menjadi 71,98 dengan ketuntasan belajar dari siswa meningkat sebesar 75,75 %. Dari 33 orang siswa terdapat 25 siswa yangtelah tuntas dan 8 orang yang tidak tuntas dalam belajarnya dan nilai rata rata siswa sebesar 71,98 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75,75 %. Persentase Ketuntasan secara Klasikal tersebut telah tuntas dan berhasil dan secara individual. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan