Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar teknik passing kontrol sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas X MAS Pondok Pesantren Modern Nurul Hakim Medan Tembung Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik passing kontrol sepak bola sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan pendekatan bermain (pre-tes) diperoleh 10 siswa (41,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (58,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 16 siswa (66,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 8 siswa (33,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 21 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II adalah (20,83%). Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat memperbaiki hasil belajar teknik passing kontrol sepak