DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DENGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA SISWA/SISWI KELAS VII SMP N 1 SELESAI TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Harya Adinata Sitepu (STUDENT ID : 608310079)
Samsuddin Siregar (LECTURER ID : 198004102003121002)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-10-12 08:40:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui pegaruh metode mengajar komando terhadap hasil belajar dribbling dengan kaki bagian dalam. 2)mengetahui metode mengajar resiprokal terhadap hasil belajar dribbling dengan kaki baagian dalam. 3)mengetahui manakah yang lebih baik perbedaan pengaruhnya antara meode komando dan metode mengajar resiprokal terhadap hasil belajar dribbling dengan kaki bagian dalam. Metode penelitian yang digunakan adalah meode eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu pada siswa kelas VII SMP N 1 Selesai T.A 2012/2013 dengan jumlah siswa 30. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan rumus uji-t untuk data pre test dan post test gaya mengajar komando diperoleh nilai t-hitung = 8,848. Untuk data pre test dan post test gaya mengajar resiprokal diperoleh nilai t-hitung = 16,95. Data post test dengan post test masing-masing kelompok komando dan kelompok reiprokal diperoleh nilai t-hitung = 2,17 dibanding nilai ttabel (taraf ? = 0,05 dengan dk = n1+n2-2=15+15-2=28 ) diperoleh ttabel 1,701, maka 2,17 > 1,701. Sehingga hipotesis yang menyatakan: ? metode mengajar resiprokal lebih baik pengaruhnya dibandingkan degan metode mengajar komando terhadap hasil belajar dribbling sepakbola siswa kelas VII SMP n 1 Selesai T.A 2012/2013?, dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan data nilai rata-rata kesua kelompok diperoleh hasil belajar dribbling sepakbola menggunakan gaya menngajar resiprokal lebih baik dari gaya mengajar komando di SMP Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan