DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI MAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dwi Abdi Hartanto (STUDENT ID : 71266110087)
Budi Valianto (LECTURER ID : 196605201991021001)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-10-17 05:29:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar lompat jauh ( gaya jongkok ) yang didapat siswa kelas XI4 MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah kelas siswa XI4 dengan jumlah siswa 36 yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar lompat jauh.Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Setelah menerapkan gaya mengajar resiprokal di pembelajaran maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan teknik dasar lompat jauh .Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas XI4 MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 16 orang siswa ( 44,44 % ) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 20 orang siswa ( 55,56% ) belum memiliki ketuntasan belajar. Hasil dari tes siklus I terdapat 22 orang siswa ( 61,1% ) yang memiliki ketuntasan belajar berdasarkan KKM yaitu ≥ 70, sedangkan 14 orang siswa ( 38,9% ) masih belum memiliki katuntasan belajar. Nilai rata ? rata kelas yang telah diperoleh pada siklus I ini mencapai 69,4. Di siklus II terdapat 32 orang siswa ( 88,9% ) yang memiliki ketuntasan belajar berdasarkan KKM yaitu ≥ 70 , sedangkan 4 orang siswa ( 11,1% ) masih belum memiliki katuntasan belajar. Nilai rata ? rata kelas yang telah diperoleh pada siklus II ini mencapai 77,5 dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari observasi sampai dilakukan tes siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan keterangan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 
Institution Info

Universitas Negeri Medan