DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI 100 MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS X IPB SMA NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR TAHUN AJARAN 2013-2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Harry Fareira (STUDENT ID : 609112030)
Mulyadi (LECTURER ID : 195108161980111001)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-10-18 08:38:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari 100 meter melalui pendekatan bermain pada siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Ajaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Test Hasil Belajar pada test awal, kemudian dilakukan pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Bermain dan dilanjutakan dengan pelaksanaan test Hasil Belajar yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari 100 meter Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari test hasil belajar sebelum menggunakan penerapan pendekatan bermain (pre test), diperoleh 14 siswa (38%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (62%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 62,64. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan bermain. (2) dari test hasil belajar melalui penerapan pendekatan bermain diperoleh 27 siswa (75%) yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan 9 siswa (25%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata rata 73.33. Kemudian dilakukan kembali penerapan pendekatan bermain yang divariasikan. (3) dari test hasil belajar II diperoleh 32 siswa (89%) mencapai ketuntasan sedangkan 4 siswa (11%) belum mencapai ketuntasan, berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatakan hasil belajar lari 100 meter siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahan Ajaran 2013-2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan