DETAIL DOCUMENT
PERBAIKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN KABUPATEN DAIRI TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Leo Palenri (STUDENT ID : 71266110175)
Eva Faridah (LECTURER ID : 1981017172006042004)
Subject
GV1151 Shooting. Archery 
Datestamp
2016-10-24 05:34:09 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan memanfaatkan penguatan umpan balik pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Stabat Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi yang terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar lempar cakram sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum memanfaatkan penguatan umpan balik (pre-test) diperoleh 11 siswa (34,37%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa (65,62%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,36%. Kemudian dilakukan pembelajaran melaui penguatan umpan balik terhadap siswa. (2) dari tes hasil belajar melalui penguatan umpan balik di siklus I diperoleh 18 siswa (56,25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (43,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 72,13%. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melaui penguatan umpan balik. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 28 siswa (87,50%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 79,95%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui penerapan penguatan umpan balik dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan