DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 21 PEKANBARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Khairuddin Sihombing (STUDENT ID : 609112040)
Afri Tantri (LECTURER ID : 197112241999031002)
Subject
GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. 
Datestamp
2016-08-24 07:47:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan pendekatan bermain dalam meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas IV SD Negeri 21 Pekanbaru.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus berbentuk penilaian teknik lari sprint. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 24 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan (63,15%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (36,85%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata ? rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 69,60. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 33 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (86,84%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (13,16%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata ? rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 78,55. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui pemanfaatan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas IV SD Negeri 21 Pekanbaru 
Institution Info

Universitas Negeri Medan