DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRI, PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Theo Aditya Siahaan (STUDENT ID : 609112071)
Sabar Surbakti (LECTURER ID : 197105062002121002)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-10-28 04:20:01 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari Sprint dengan menggunakan metode inquiri pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 35 siswa-siswi, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 22 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Test awal, dari 35orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (22,86%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya 27 orang siswa (77,14%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 58,09. (2) Dari data yang didapat terlihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik lari sprint masih rendah, belum seperti yang diharapkan. Dari 35 orang siswa terdapat 25 orang (71,43%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (28,57%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,62. Dengan demikian proses pembelajaran dilanjutkan kesiklus ke II. (3) Dari data hasil belajar siklus II yang didapat terlihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat,walaupun ada sebagian siswa yang hasilnya menurun namun sebagian lagi ada yang meningkat. Dari 35 orang terdapat 32 orang siswa (91,43%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 3 Orang (8,57%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,17 berarti meningkat dari hasil sebelumnya. Dari tes analisis yang dilakukan pada siklus II disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan aktifitas kemampuan siswa. Peningkatan ini terjadi setelah diberikanpembelajaran melalui penerapan metode inkuiri yang dirancang pada siklus II yang beracuan pada refleksi dan pengalaman disiklus I. Pada tes hasil belajar II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,17 dengan tingkat ketuntasan 91,4% peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 9,55 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 20%. Dari hasil observasi, kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I dan II termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 75,62 dan 85.17, terjadi peningkatan sebesar 9,55 dari siklus persiklus. Dilihat dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar atletik nomor lari sprint pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014 
Institution Info

Universitas Negeri Medan