DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARI SPRINT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN PAHLAWAN NASIONAL MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hasanul Fadhilah Marpaung (STUDENT ID : 6101112042)
M Ishak (LECTURER ID : 197409262007011001)
Subject
GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. 
Datestamp
2016-08-24 07:58:12 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui model pembelajaran Make A Match pada siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 orang siswa, dimana 18 laki-laki dan 22 perempuanMetode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk Memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan obeservasi untuk melihat hasil belajar sebelum dilakukannya tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 2 kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari data KKM siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match diperoleh 14 siswa (35%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 26 siswa (65%) belum mencapai ketuntasan., dengan nilai rata-rata 48,75%. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match. (2) dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran Make A Match di siklus I diperoleh 26 siswa (65%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 14 siswa (35%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar, dengan nilai rata-rata 51,46%. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran Make A Match dengan menelaah dimana letak kelemahan di siklus I. (3) dari hasil belajar II di siklus II diperoleh 35 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 5 siswa lainnya (12,5%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata 78,74%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari data KKM yang ada ke siklus I yaitu 2.71 % dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 27.28%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui model pembelajaran Make A Match dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan