DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP PAB 3 SAENTIS TAHUN AJARAN 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hotmar Dohar Panjaitan (STUDENT ID : 71266110077)
Eva Faridah (LECTURER ID : 198107172006042004)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-18 02:28:57 
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (Classroom action research)dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini delaksanakan dikelas VIII SMP PAB 3 Saentis yang beralamat di jalan Kali Serayu PTPN IIPerkebunan Saentis Kab.Deliserdang. waktu penelitian ini dilaksanakan padatanggal 17 s/d 28 Februari 2014. Sedangkan subjek dan objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP PAB 3 Saentis pada semester genap tahunpelajaran 2013/2014 dengan jumlah 32 orang siswa. Dan objek dalampenelitian ini dalah Peningkatan Hasil Belajar Lari Estafet Melalui PendekatanBermain Pada Siswa Kelas VIII SMP PAB 3 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajarsebelum menggunakan metode pendekatan bermain (pre-test) di peroleh 11siswa (34,21%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa(65,79,%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata ? rata 55,62%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan dua metode pendekatan bermain pada siklus I. Dari test hasil belajar Siklus I lari estafet dengan metode pendekatan bermain pada siklus 1 diperoleh 18 siswa (55,63%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (45,37%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata ? rata 71,71. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran lari estafet dengan metodependekatan bermain yang lebih variatif. Dari tes hasil belajar yang dilakukanpada siklus II diperoleh 29 siswa dengan (89,84%) yang mencapai tingkatketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa (10,16%) belum mencapai tingkatketuntas dalam belajar, dengan nilai rata ? rata 90,46. Dalam hal ini dapatdilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata ? rata hasil belajar siklus I dansiklus II yaitu 18,75. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklusBerdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaanmetode pendekatan bermain dapat meningkat hasil belajar lari estafet pada siswa kelas VIII SMP PAB 3 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014 
Institution Info

Universitas Negeri Medan