DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN SAMPING DALAM PENCAK SILAT MELALUI METODE BELAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS XI SMA CERDAS MURNI DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2013 /2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
FIL ERWIN LUBIS (STUDENT ID : 609411027)
M Yusuf (LECTURER ID : 195212091981031005)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-18 02:53:21 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi pemanfaatan gaya mengajar dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar Tendangan samping pencak silat siswa kelas kelas XI ips -1 sma cerdas murni deli serdang tahun ajaran 2013 /2014. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas siswa X Ips-1 dengan jumlah siswa 32 yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui penerapan gaya inklusi terhadap hasil belajar tendangan samping. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I yang berbentuk aplikasi teknik dasar Tendangan samping sebanyak satu kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisi maka diperoleh hasil analisis nya : (1) dari tes hasil belajar I diperoleh 67% yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 33% belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 73.6. (2) dari tes hasil belajar II dapat dilihat kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Terdapat 94% yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 6% belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 89.4. Untuk hasil persentase siklus I dan II mengalmi peningkatan 27 % dan nilai rata-rata 15,8.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui penerapan gaya Inklusi dapat meningkatkan hasil belajar Tendangan samping pada siswa kelas XI Ips-1 Sma Cerdas Murni Deli Serdang Tahun Ajaran 2013 /2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan