DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GULING BELAKANG SENAM LANTAI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP KARYA BAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Lisbet Debora Manurung (STUDENT ID : 6103311140)
M. Yusuf (LECTURER ID : 195212091981031005)
Subject
GV201 Physical education and training 
Datestamp
2016-11-01 03:58:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar guling belakang dalam senam lantai melalui penggunaan media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Karya Bakti Medan Tahun Ajaran 2014/2015.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka diakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan pembelajaran media audiovisual (pre-test) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar guling belakang sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media audiovisual (pre-test) diperoleh 5 siswa (17,9%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (82,1%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 51,17. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media audiovisual disiklus I diperoleh 13 siswa (46,46%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (53,57%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 66. Kemudian dilakukan kembali menggunakan media audiovisual dengan worksheet dan waktu menonton video pembelajaran yang lebih lama. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 25 siswa (89,2%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 81,25. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan proses nilai rata-rata hasil belajara siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui media audiovisual dapat memperbaiki hasil belajar guling belakang pada siswa kelas VIII SMP Karya Bakti Medan Tahun Ajaran 2014/2015 
Institution Info

Universitas Negeri Medan