DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI BINGAI TAHUN AJARAN 2014/2015.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Perdana Asrianta Sembiring (STUDENT ID : 6103311176)
Samsuddin Siregar (LECTURER ID : 198004102003121002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-19 03:38:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola dengan Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Sei Bingai Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 19 siswa putra dan 20 siswa putri yang akan diberikan tindakan melalui model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) terhadap proses hasil belajar teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola.Dari hasil data awal (Pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing sepak bola dengan kaki bagian dalam masih rendah yaitu ada 11 orang siswa yang tuntas dalam belajarnya atau 28,2% dan 28 orang siswa yang tidak tuntas dalam belajarnya atau 71,8%. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Dari test hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 25 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (64,1%) telah mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar sedangkan 14 orang siswa (35,9%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 70,1. (2) Dari test hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 32 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (82,1%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar dan 7 orang siswa (17,9%) masih belum tuntas dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 76,4. Dari data penelitian siklus I dan siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dikonfersikan sebesar 6,3 sedangkan peningkatan nilai ketuntasan secara klasikal siswa setelah dikonfersikan sebesar 18%.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan Sepak Bola pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Sei Bingai Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan