DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 UJUNG PADANG 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Wahyu Syahputra Siagian (STUDENT ID : 6103311235)
Doris Apriani Ritonga (LECTURER ID : 197104152005022004)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-19 03:43:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar dribbling sepak bola melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII-IPA 2 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang yang akan diberikan tindakan melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap proses belajar dribbling sepak bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 14 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (41,17%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 20 orang siswa (58,83%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 66,17. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (76,47%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 8 orang (23,53%) masih belum tuntas. Namun belum memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yaitu 80% (Aqib Jainal : 2010).Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 75,97%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan metode pembelajran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar dribbling pada siswa-siswi kelas XII-IPA 2 SMA Negeri 1 Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan