DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PEDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yudi Syahputra Siregar (STUDENT ID : 6103311238)
Budi Valianto (LECTURER ID : 196605201991021001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-19 03:50:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pedekatan Bermain Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Hamparan Perak Kabupaten Deli SerdangTahun Ajaran 2014/2015 Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hamparan Perak Desa Tandem Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, waktu penelitian pada 4 September sampai dengan 18 September 2014. Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan bermain yang terdiri dari lari memindahkan kotak, lompat tali, lompat lingkar dan lompat kotak untuk meningkatkan hasil belajar lompar jauh gaya jongkok. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.Data awal dari 26 orang/siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa (38%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar (Tuntas), sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (62%) belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 62,25. Dari hasil tes siklus I, dari 26 orang siswa telah ada 15 orang siswa (58%) sudah memiliki ketuntasan belajar (Tuntas), selebihnya 11 orang/ siswa (42%) yang belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Dan Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 70,66. Belum memiliki ketuntasan secara klasikal. Dari hasil tes siklus II dari 26 orang/siswa telah ada 22 orang/siswa (85%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (15%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Dari siklus II ini telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal (tuntas). Dan Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 80,04Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 9,38 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 27%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan