DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELAMBUNG DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV 060857 MEDAN KECAMATAN MEDAN TEMBUNG TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ade Satria Hasibuan (STUDENT ID : 6103311005)
Agung Sunarno (LECTURER ID : 196601151992031003)
Subject
GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. 
Datestamp
2016-08-29 03:35:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar melambung melalui pembelajaran yang memanfaatkan media sederhana pada siswa kelas IV 060857 Kecamatan Medan Tembung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah siswa kelas IV yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran dengan pemanfaatan media sederhana terhadap hasil belajar lempar lambung. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Pemanfaatan media sederhana berupa kayu sebagai tiang, ban sepeda bekas sebagai sasaran lemparan melambung, tali plastik sebagai pengikat media ban dengan kayu, dan meja sebagai sandaran untuk mendirikan media kayu. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar lempar melambung. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa (63,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 11 orang siswa (36,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan persentase nilai rata-rata 72,78. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 70%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa (86,67%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (13,33%) masih belum tuntas. Dengan persentase nilai rata-rata 9,57. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 9,57 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 29%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pembelajaran yang dimanfaatkan dapat memberikan peningkatan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan