DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND DALAM SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Abdi Napali Harahap (STUDENT ID : 608310001)
Hady Suyono (LECTURER ID : 195305011979031006)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-19 04:24:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar gerakan handstand pada senam lantai Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah siswa kelas X KI 2 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran Gerakan Handstand dengan menggunakan variasi pembelajaran. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar gerakan handstand. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau tiga kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil belajar tes awal diperoleh sebanyak 8 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (25%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan selebihnya 24 orang siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 65,10. Belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 17 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (53,12%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 15 orang siswa (46,87%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 68,48. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (81,25%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (18,75%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 72.25. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan melalui variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar gerkan handstand dalam senam lantai pada siswa kelas X KI 2 SMK N 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan