DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I.) UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AEK KUASAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Andy Boy Casanova (STUDENT ID : 6101112011)
Tarsyad Nugraha (LECTURER ID : 196504141990031001)
Subject
GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. 
Datestamp
2016-08-29 05:05:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Sepak Bola melalui penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (T.A.I) pada siswa/siswi kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Aek Kuasan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas VIII-1 yang berjumlah sebanyak 36 siswa yang akan diberikan tindakan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) terhadap proses belajar Dribbling dengan kaki bagian luar dalam Sepak Bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) (pre-test) diperoleh 6 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (16,67%), sedangkan 30 siswa belum mencapai ketuntasan belajar ( 83,33%) dengan nilai rata-rata 57,71. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.). Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (61,11%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (38,89%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 72,89. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 31 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (86,11%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (13,89%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 82,72. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 25% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 9,83.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) dapat meningkatkan proses hasil Teknik Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Permainan Sepak Bola pada siswa/siswi kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Aek Kuasan Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan