DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK SECARA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Natal Manurung (STUDENT ID : 6103311168)
Ika Kusumasari (LECTURER ID : 198308282008122003)
Subject
GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. 
Datestamp
2016-08-29 07:51:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing bawah pada permainan bola voli dengan menggunakan metode umpan balik secara kelompok pada siswakelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penguatan metode umpan balik pembelajaran yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik Passing bawah dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan metode umpan balik pembelajaran (Pre test) diperoleh 8 orang siswa (22,85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 27 orang siswa (77,14%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode umpan balik secara kelompok. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan menggunakan metode umpan balik pembelajaran, di siklus I diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,78. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan umpan balik secara kelompok. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang siswa (85,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,2 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,42%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penguatan umpan balik secara kelompok pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah pada permainan bola Voli pada siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan