DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA/I KELAS VII SMP KARYA SERDANG LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Boy Tulus P. Simamora (STUDENT ID : 6113112037)
Suharjo (LECTURER ID : 196405081992031002)
Subject
GV557 Sports 
Datestamp
2016-11-08 09:05:31 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui pendekatan saintifik pada siswa/I kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015, penelitian dilaksanakan mulai 19 sampai 26 Maret 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VII B yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar servis bawah bola voli sebanyak dua siklus. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum Menggunakan pembelajaran melalui pendekatan saintifik (pre-test) diperoleh 16 siswa (40%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 24 siswa (60%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 2,48. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan saintifik. (2) dari tes hasil belajar melalui pendekatan saintifik di siklus I diperoleh 26 siswa (65%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (35%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 2,75. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran Melalui pendekatan saintifik. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 37 siswa (92,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (7,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 3,16. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas VII B SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan