DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dini Oktavianti (STUDENT ID : 4123131021)
Nurmalis (LECTURER ID : 195704271989032001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-10 04:05:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan macromedia flash player pada pokok bahasan Hidrolisis Garam siswa SMA kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 36,6 dan nilai post-test adalah 89,3. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 41,9 dan nilai post-test adalah 82,7. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas pretest dan postest terbukti data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 4,09 dan ttabel = 1,567, sehingga thitung>ttabel yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan macromedia flash player pada pokok bahasan Hidrolisis Garam di MAN 1 Medan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan