DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASHPADA MATERI PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWAMELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nurhalimah Sitorus (STUDENT ID : 4121131015)
Ramlan Silaban (LECTURER ID : 196000181987031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-10 03:58:53 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media macromedia flash pada materi pembelajaran sistem koloid terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa melalui pendekatan scientific. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara purposif yakni satu kelas merupakan kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Sampel siswa diambil sebanyak 36 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan pada tabel krejci dengan ?=0,05. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri insrumen tes dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen nontes digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam bentuk observasi oleh observer. Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis pertama dan kedua dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I sebesar 82,78 dengan dan nilai rata-rata di kelas eksperimen II yaitu 76,11. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 4,417 dan untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung = 3,284 sedangkan ttabel = 1,669 untuk ? = 0.05 dan dk = 70. Dengan demikian thitung > 1,669 maka uji hipotesis hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific pada materi sistem koloid. Uji hipotesis ketiga dengan menggunakan uji korelasi dan diperoleh Fhitung = 0,753 ttabel = 0,329 untuk untuk ? = 0,05 dan N = 36. Dengan demikian Fhitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada korelasi antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan macromedia flash melalui pendekatan scientific pada materi sistem koloid. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan