DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Gladys Gebriella (STUDENT ID : 4123331014)
Nurfajriani (LECTURER ID : 196709022005022004)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-10 06:48:50 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu berpasangan terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MAN 1 Stabat pada materi reaksi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Stabat yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 dari 2 kelas yaitu XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang sudah valid. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model PBL melalui pendekatan POGIL dengan media kartu berpasangan dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,3 dan postest adalah 91. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol adalah 38,4 dan postest adalah 79,1. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 16,5 dan ttabel = 1,670, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Penilaian keaktifan siswa dilihat dari berpikir kritis dan kerjasama pada kelas eksperimen mendapat rata-rata sebesar 84,92 dan kelas kontrol 47,93. Hasil ujia t dua pihak diperoleh thitung = 35,431 dan ttabel = 1,670, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL melalui pendekatan POGIL dengan media kartu berpasangan terhadap hasil belajar kimia dan keaktifan siswa pada materi koloid kelas XI MAN 1 Stabat. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan