DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADAMATERI PEMBELAJARAN ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nurmala Yusuf (STUDENT ID : 4123331036)
Ramlan Silaban (LECTURER ID : 196000181987031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-10 07:03:30 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunakan media macromedia flash melalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa pada materi asam basa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA MAN AEK NATAS Kab Labuhanbatu Utara T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN AEK NATAS Kab Labuhanbatu Utara yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara purposif, yakni satu kelas merupakan kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Sampel siswa diambil sebanyak 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri instrumen tes dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen nontes digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam bentuk lembar observasi oleh observer. Sebagaiprasyarat uji hipotesis aktivitas dan hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I sebesar 80,42 dan nilai rata-rata di kelas eksperimen II yaitu 73,75. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 3,26 dan untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung = 2,45 sedangkan ttabel = 1,677 untuk ? = 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel maka uji hipotesis aktivitas dan hasil belajar siswa Ha diterima. Untuk uji korelasi diperoleh hasil rhitung = 0,742 dan rtabel = 0,404 dan kontribusi aktivitas siswa sebesar 55,1%. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media macromedia flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media macromedia flash melalui pendekatan scientific serta ada hubungan positif antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan