DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KOLABORASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ucia Mahya Dewi (STUDENT ID : 4121131027)
Ani Sutiani (LECTURER ID : 196807301992032001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-10 07:37:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan rata-rata siswa per-kelas ±40 orang siswa. Sampel siswa diambil sebanyak 20 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan kehomogenan kuesioner yang diberikan sebelum dilakukan perlakuan. Pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata hasil belajar 84,25 sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata hasil belajar 75,25. Hasil uji statistik menggunakan uji t pihak kanan untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung = 4,15 sedangkan ttabel = 1,686 untuk ? = 0,05. Untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung = 3,15 sedangkan ttabel = 1,686 untuk ? = 0.05 Dengan demikian thitung > ttabel, Maka uji hipotesis hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing dilengkapi macromedia flash lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan kolaborasi model problem based learning dan inkuiri terbimbing pada materi kelarutann dan hasil kali kelarutan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan