DETAIL DOCUMENT
PROSES INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN(STUDI KASUS DI SMP ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM BATAM)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Devi Lestari (STUDENT ID : 4122131023)
Ayi Darmana (LECTURER ID : 196608071990101001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-10 08:07:06 
Abstract :
Penelitian ini tentang proses integrasi nilai Islam dalam pembelajaran unsur senyawa dan campuran sebagai upaya menghasilkan prosess pembelajaran kimia terhadap pencapaian tujuan pendidikan Nasional, khususnya dari sisi Iman dan Taqwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengintegrasian nilai-nilai islam dalam RPP, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi (soal) pada materi unsur senyawa dan campuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang meliputi tahapan: (1) tahap persiapan; (2) tahap orientasi; (3) tahap eksplorasi. dengan menggunakan teknik pengumpulan data: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi, Penelitian ini melibatkan guru IPA, kepala sekolah dan waka kurikulum. Hasil penelitian menunjukan guru mengntegrasiakan nilai-nilai Islam dalam RPP dengan cara mengakaitkan materi unsur senyawa campuran dengan ayat Al-Qur,an (QS Qaaf ayat 9, QS Kahfi ayat 96). Guru mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pelaksanaan pembelajaran unsur senyawa dan campuran dengan cara menjelaskan ayat Al-Qur?an (QS Qaaf ayat 9, QS Kahfi ayat 96) yang berkaitan dengan materi unsur senyawa dan campuran dan menceritakan sejarah Islam yang berkaitan dengan materi unsur senyawa dan campuran. Guru mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam Evaluasi (soal) dengan menyisipkan ayat Al-Qur?an (QS Qaaf ayat 9, QS Kahfi ayat 96 pada soal unsur senyawa dan campuran. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan