DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI DI SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE T.P. 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Melisa Simarmata (STUDENT ID : 4122121012)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-11 04:15:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI IA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang dan XI IA-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 35,9 dan kelas kontrol 33,4. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji t dua pihak nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung= 0,89 dan ttabel = 1,994 karena thitung ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P. 2015/2016. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan