DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS VII SEMESTER II MTSN PANYABUNGAN T.P. 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rizki Fadilah (STUDENT ID : 4123121062)
Khairul Amdani (LECTURER ID : 196310231993031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-11 04:43:00 
Abstract :
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Lesson terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas VII MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Lesson, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas VII A-1 sebanyak 30 siswa dan VII A-2 sebanyak 30 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test essay sebanyak 10 soal, sikap dan keterampilan siswa. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Lesson diperoleh rata-rata Pre-test 37,5 dan nilai rata-rata Post-test 74,83. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 36,8 dan rata-rata Post-test 69,07. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji hiotesis thitung > ttabel (0,39 < 2). Sehingga diperoleh ada pengaruh signifikan yang lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan siswa yang dibelajarkan dengan model Inquiry Lesson dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pada penilaian sikap ilmiah siswa terhadap proses belajar terdapat peningkatan yang lebih baik pada siswa yang dibelajarkan dengan model Inquiy Lesson. Sedangkan pada penilaian keterampilan proses sains siswa terhadap proses belajar terdapat peningkatan yang lebih baik pada siswa yang dibelajarkan dengan model Inquiy Lesson. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan