DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS ) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.P 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fransiska Nurhayati Sinaga (STUDENT ID : 4123121020)
Ratna Tanjung (LECTURER ID : 19690127199412001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-11 05:02:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest? posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Perbaungan yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 27,33 dengan standar deviasi 9,16 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 26,17 dengan standar deviasi 9,11. Nilai rata ? rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan I sebesar 59,3%, pertemuan II sebesar 69,2%, pertemuan III sebesar 75,7% dan pertemuan IV sebesar 82,2%. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 72,33 dengan standar deviasi 10,19 dan kelas kontrol sebesar 64,50 dengan standar deviasi 10,50. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,381 dan ttabel = 1,667, sehingga thitung > ttabel (2,381 > 1,667) pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan