DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P.2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Awal Mulia Rejeki Tumanggor (STUDENT ID : 4123121005)
Rappel Situmorang (LECTURER ID : 195703231988031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-11 06:44:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan macromedia flash terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P.2015/2016. Jenis penelitian ini ialahquasi eksperiment dan desain penelitian Two Group Pretest-Postes Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen XI IPA4 dan kelas kontrolXI IPA2. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay10 item yang telah valid. Hasil uji pretes pada awal penelitian, diperolehrata-rata pretes kelas eksperimen 20,85 ,standar deviasi 4,79. Pada kelas kontrol sebesar 19,05,standar deviasi 4,59. Pada uji normalitas tiap kelas diperoleh Ltabel = 0,1419 untuk kelas eksperimenLhitung = 0,0814, untuk kelas kontrolLhitung = 0,1194, sehingga Lhitung< Ltabel , maka data tiap kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,09 dan Ftabel = 1,56 ,sehingga Fhitungttabel yang berarti Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah menggunakan macromedia flash terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P.2015/2016. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan