DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SCIENTIFIC INQUIRY SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Methary Rosalina (STUDENT ID : 4123121037)
Mariaty P Simanjuntak (LECTURER ID : 197111192002092001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-11 08:39:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu tes pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 23 soal dan tes scientific inquiry berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal, yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengamati sikap dan scientific inquiry siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016 dengan kata lain model ini efektif digunakan untuk pembelajaran fisika. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan