Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu tes pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 23 soal dan tes scientific inquiry berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal, yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengamati sikap dan scientific inquiry siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016 dengan kata lain model ini efektif digunakan untuk pembelajaran fisika.