DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 17 MEDAN T.P. 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Masrida Gultom (STUDENT ID : 4123121035)
Juru Bahasa Sinuraya (LECTURER ID : 196001301986011002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-11 08:48:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri berbasis pictorial riddle dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok berpikir kritis tinggi dengan kelompok berpikir ktiris rendah, 3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan sampel dibagi menjadi dua kelas dimana XI IPA-4 sebagai kelas kontrol, dan XI IPA-5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ada 3 yakni : 1) lembar tes hasil belajar siswa berbentuk essay dengan jumlah item 10; 2) lembar tes kemampuan berpikir kritis siswa berbentuk essay dengan jumlah item 5. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, berarti ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan pembelajaran, 2) hasil belajar siswa untuk kelompok dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa untuk kelompok dengan kemampuan berpikir kritis rendah berarti ada perbedaan akibat pengaruh berpikir kritis tinggi dengan berpikir kritis rendah terhadap hasil, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, 4) model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle dan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa 
Institution Info

Universitas Negeri Medan