DETAIL DOCUMENT
PENGELOMPOKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN RATA-RATA NILAI UJIAN AKHIR NASIONAL DI KOTA BINJAI DENGAN ANALISIS HIERRARKHI CLUSTERING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Juni Minarti Pakpahan (STUDENT ID : 82244510006)
Nerli Khairani (LECTURER ID : 196801141994122001)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2016-08-12 02:15:46 
Abstract :
Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi anak agar memiliki kecerdasan, dan berakhlak mulia, serta memiliki keterampilan yang diperlukan sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Untuk melihat tingkat pencapaian tujuan pendidikan dan kualitas pendidikan tersebut diperlukan suatu bentuk evaluasi. Ujian Akhir Nasional merupakan salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan pemerintah untuk melakukan evaluasi pada pendidikan yang telah ditempuh siswa sekolah. Perolehan nilai ujian akhir nasional di setiap sekolah yang relatif berbeda dapat dijadikan acuan oleh pemerintah dalam rangka peningkatkan dan pemerataan kualitas pendidikan. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis untuk mengukur kualitas pendidikan yang bertujuan mengelompokkan sekolah menengah pertama berdasarkan perolehan nilai ujian akhir nasional dengan metode yang digunakan adalah analisis hierrarkhi clustering. Dari hasil analisis didapatkan tiga cluster yang terbentuk dimana cluster pertama berisi 25 sekolah menengah pertama yang mempunyai nilai rata-rata UAN sebesar 7,93 digolongkan sebagai sekolah menengah pertama dengan perolehan nilai UAN yang sedang. Cluster kedua berisi 19 sekolah menengah pertama yang mempunyai nilai rata-rata UAN sebesar 8,67 dan digolongkan sebagai sekolah menengah pertama dengan perolehan nilai UAN yang tinggi dan memiliki kualitas pendidikan yang baik. Cluster ketiga berisi 6 sekolah menengah pertama yang mempunyai nilai rata-rata UAN sebesar 7,05 dan digolongkan sebagai sekolah menengah pertama dengan perolehan nilai UAN yang rendah dan memiliki kualitas pendidikan yang tidak baik. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan