DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE TAI PADA SUB POKOK BAHASAN JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT DI KELAS VII SMP HANGTUAH I BELAWAN TA 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Tuti Mariani (STUDENT ID : 408111102)
Mukhtar (LECTURER ID : 195908071983031033)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2016-11-09 06:24:51 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan dilakukan di SMP Hangtuah I Belawan yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang diajar dengan model kooperatif tipe TAI pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat di kelas VII SMP Hangtuah I Belawan T.A. 2011 / 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Hangtuah I Belawan T.A. 2011 / 2012 yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-6 sebanyak 30 orang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas VII-7 sebanyak 28 orang yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI, penentuan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test essay sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat di kelas VII SMP Hangtuah I Belawan T.A. 2011 / 2012, dengan hitungt= 8446,1dan tabelt = 1,632 diperoleh thitung > ttabel sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TAI pada sub pokok bahasan Jajargenjang dan Belahketupat di kelas VII SMP Swasta Hangtuah I Belawan T.A 2011/2012. Rata-rata pretest siswa kelas TPS sebesar 26,16 sedangkan rata-rata postest 78,766. Siswa kelas TAI diperoleh rata-rata pretest sebesar 31,75 sedangkan rata-rata postest sebesar 74,678. Berdasarkan peningkatan kemampuan penalaran matematika pada kedua kelas, sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan model kooperatif tipe TPS maupun tipe TAI dalam pembelajaran matematika, dengan tetap memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari kedua model pembelajaran tersebut. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan