DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING MELALUI PENDEKATAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
C Melita (STUDENT ID : 510310641)
M Manullang (LECTURER ID : 195205171977021001)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-12 03:25:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran genius learning melalui pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) dapat meningkat, (2) Untuk menentukan tingkat pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran genius learning melalui pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Itelektual), pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 9 Binjai tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-6 yang berjumlah 40 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran genius learning melalui pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Itelektual). Instrumen penelitian ini melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari lima soal. Soal-soal tersebut memuat indikator yang harus dicapai siswa dan soal-soal tersebut telah divalidkan oleh tiga orang validator.Berdasarkan dari analisis data tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah pada siklus I adalah sedang dengan skor rata-rata kelas 37,2 dengan 30 siswa (75%) dari seluruh siswa belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan skor rata-rata kelas 40,45 dengan 35 siswa atau 87,5% dari seluruh siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas dalam belajar, terdapat 80% siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan awal 3, kegiatan inti 3,21 dan kegiatan akhir 3 pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru termasuk kategori cukup baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran genius learning melalui pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Itelektual) pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX SMP Negeri 9 Binjai meningkat. Saran yang diajukan yaitu kepada guru matematika diharapkan selalu mengadakan evaluasi dan refleksi pada akhir pembelajaran yang telah dilakukan, sehingga kesulitan yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran siswa dapat diatasi dengan sesegera mungkin. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan