DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK HUKUM PASCAL DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA IKAL MEDAN TP 2011/2012
Total View This Week3
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Kamal, Raudhatul
Ratna Tanjung (LECTURER ID : 196102251988032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-12 06:29:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Model Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pokok Hukum Pascal di Kelas VIII Semester II SMP Swasta IKAL Medan T.P. 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan disain penelitian two group pre – test dan post – test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas (kelas VII-1 dan kelas VII-2) yang diambil secara sampling jenuh dengan menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Pada kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Terpadu Model Webbed dan pada kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Jumlah keseluruhan sampel adalah 64 siswa dengan masing – masing kelas berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda, sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu divalidasikan. Dari data penelitian diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen adalah 40,78 dengan standar deviasi 10,17 dan nilai rata – rata pretes kelas kontrol adalah 39,84 dengan standar deviasi 9,71. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1222 dan Ltabel = 0,1567, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1290, dan Ltabel = 0,1567 dan untuk postes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1451 dan Ltabel = 0,1567, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1386, dan Ltabel = 0,1567 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung = 1,096 dan Ftabel = 1,825 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 0,377 < ttabel = 1,999 maka H0 diterima, berarti bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Terpadu Model Webbed dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,16 dengan standar deviasi 6,78 dan kelas kontrol 65,47 dengan standar deviasi 6,64. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,765 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran terpadu model Webbed terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Swasta IKAL Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan