DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDIDIKAN KATRAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mutiara Lajorgi Hasibuan (STUDENT ID : 408131071)
Ratu Evina Dibyantini (LECTURER ID : 196205221986032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-12 02:01:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Koloid. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel, dengan rtabel = 0,316. Berdasarkan hasil pretest dan postest pada saat penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen I sebesar 4,083 dan untuk kelas eksperimen II sebesar 6,083. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,018 > 1,669 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 68. Hal ini berarti terima Ha yang berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Koloid di SMA Al-Ulum Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil observasi karakter siswa yang diamati oleh observer terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa ke arah yang lebih baik. Hal ini memberikan arti bahwa terbukti model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan