DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Asriati Manik (STUDENT ID : 4104131003)
Nurmalis (LECTURER ID : 195704271989032001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-22 02:54:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make a Match berbasis media handout terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Swasta Methodist-8 Medan kelas X IPA tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Methodist-8 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan penerapan model pembelajaran Make a Match menggunakan handout, dan kelas kontrol diajarkan dengan konvensional menggunakan handout. Instrumen yang digunakan yaitu tes prestasi belajar sebanyak 20 test yang valid dan reliabilitas 0,607. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon. Dari hasil ujit-t pada taraf signifikansi α = 0,05dengan kriteria pengujian adalah uji pihak kanan dimana daerah kritis berada pada t > tα , diperoleh t hitung 8,78 dan ttabel = 1,706. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dengan persen peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen naik menjadi 70,84 % kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match menggunakan handout berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa di SMA pada pokok bahasan hidrokarbon. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan