DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHANKELAS VII SMP KATOLIK MARIANA MEDANT.A 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Otto Manurung (STUDENT ID : 408111086)
Banjarnahor (LECTURER ID : 195805131988031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-12 05:06:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Katolik Mariana Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dibagi dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Katolik Mariana Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 43 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran untuk peneliti meningkat dari 2,97 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,7 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Nilai rata-rata aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 2,63 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,4 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal (≥65) adalah 30,23% dan nilai rata-rata kelas 54,81. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 67,44% dan nilai rata-rata kelas 62,91. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa adalah 90,96% dan nilai rata-rata kelas 81,67. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 23,52%.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Katolik Mariana Medan T.A 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan