DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOPERASIMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TYPE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Pratiwi Bernadetta Purba (STUDENT ID : 408111088)
Bornok Sinaga (LECTURER ID : 196509101991021001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-22 03:09:42 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa diajarkan oleh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Koperasi Belajar jenis Model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemikiran kreatif siswa dalam Materi Eksponen SMA kelas X Budi Murni 2 Medan.Jenis penelitian adalah kuasi-eksperimental penelitian. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui kendala dan kesulitan siswa dalam memecahkan Subyek Eksponen. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XB dan XC SMA Budi Murni 2 Medan sebesar 80 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah PBL dan Jigsaw di SMA Budi Murni subjek Eksponen 2 Tahun Medan Akademik 2012/2013.Instrumen pengukuran penelitian ini dalam mengumpulkan data pretest dan postest dan untuk menganalisis data dilakukan beberapa langkah yaitu reduksi data, data desciption dan mengambil kesimpulan. Untuk pretest dari 3 pertanyaan relibility diperoleh valid adalah 0.754. Untuk uji reliabilitas pemikiran kreatif (postest) diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa semua pertanyaan adalah reliabel.Dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata mean post test dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada Problem Based Learning Kelas adalah 62.375 dan rata-rata post test pada Model Pembelajaran Kelas Jigsaw Kooperatif tipe 54.425. Ada perbedaan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa diajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Koperasi Belajar jenis Model Jigsaw. Hipotesis tes untuk berpikir kreatif dilakukan di Data postest dan uji dengan menggunakan uji dua rata-rata perbedaan yaitu t-test. Hasil uji tingkat dan df = n1 + n2 - 2 = 78 dengan tcalc = 2.280 diperoleh bahwa -1.994
Institution Info

Universitas Negeri Medan