DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODELPENGAJARAN LANGSUNG PADA SUB MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS VIII SEMESTER IMTS SWASTA ISTIQLAL MEDANT.P 2012/2013
Total View This Week4
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fitri Mawaddah Lubis (STUDENT ID : 81244210013)
Khairul Amdani (LECTURER ID : 196310231993031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-22 03:40:35 
Abstract :
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran koopertaif tipe NHT dengan model Pengajaran Langsung pada sub materi usaha dan energi kelas VIII semester 1 MTs Swasta Istiqlal Medan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Istiqlal Medan yang terdiri dari 3 kelas berjumlah130 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 33 orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk 4 pilihan berganda dengan jumlah 20 soalyang telah divalidasi oleh validator. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti, terlebih dahulu tes di uji validitas tes secara validitas isi oleh dua dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika di sekolah MTs Swasta Istiqlal Medan dan diuji dengan validitas ramalan juga.Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diperoleh rata-rata pre-tes 36,8 dengan standard deviasi 9,2 dan nilai rata-rata pos-tes 74,1 dengan standard deviasi 10,4. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pengajaran langsung diperolah rata-rata pre-tes 40,3 dengan standard deviasi 11,9 sedangkan rata-rata pos-tes 65,5 dengan standard deviasi 8,5. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah thitung = 3,61dan t tabel = 1,65 maka t hitung> t tabel = 3,61> 1,65Maka kriteria pengujian hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Sehinggadapatdisimpulkanbahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan Pengajaran Langsung pada sub materi Usaha dan Energi di kelas VIII semester I MTs Swasta Istiqlal Medan. 

Institution Info

Universitas Negeri Medan